Senin, 12 Maret 2012

Tentang Survival

Kegiatan mendaki gunung adalah kegiatan yang bisa dibilang "Ekstrim". Seorang pendaki harus menyiapkan segala sesuatu persiapan dengan prepare. Agar tidak lupa, barang-barang yang harus dibawa sebaiknya dicatat (checklist). Dengan cara itu seorang pendaki akan meminimalisir resiko kurangnya peralatan dan barang bawaan yang akan dibawa sewaktu melakukan pendakian.

Prinsip, misi, dan visi yang harus dipegang teguh oleh seorang pendaki adalah berangkat selamat, dan pulang harus selamat sampai tujuan. Ada kalanya seorang pendaki tersesat atau dalam keadaan darurat. Jika kita berada di dalam keadaan yang sangat darurat, maka kita harus bisa untuk mempertahankan hidup dengan peralatan yang sederhana maupun dengan barang pendukung seadanya.

Kondisi untuk mempertahankan hidup di alam bebas disebut dengan "Survival". Seseorang yang melakukan kegiatan survival disebut "Survivor". Timbulnya kebutuhan survival karena adanya usaha manusia untuk keluar dari kesulitan yang dihadapi. Seperti:
• Keadaan alam (cuaca dan medan)
• Keadaan mahluk hidup disekitar kita (binatang dan tumbuhan)
• Keadaan diri sendiri (mental, fisik, dan kesehatan). Banyaknya kesulitan-kesulitan tsb biasanya timbul akibat kesalahan-kesalahan kita sendiri.
• dll

Tidak ada komentar:

Posting Komentar