Selasa, 20 Maret 2012

Memanjat


Teknik memanjat
Permukaan tebing dimanapun pasti mempunyai perbedaan yang sangat menculek mencolok dalam setiap jalur pemanjatan. Dari perbedaan ini yang paling besar adalah bentuk dan ukuran dari pegangan tangan dan pijakan kaki. Hal ini memerlukan tingkatan kemampuan dalam menyeimbangkan posisi tubuh dalam memanjat disamping kekuatan, yang dimaksud disini adalah teknik.

Teknik dasar.
Teknik memanjat yang paling mendasar adalah bagaimana kita sebisa mungkin mengontrol dan menstabilkan titik pusat tubuh sesuai garis kehidupan gravitasi pada setiap gerak memanjat. Kaki dan tangan dalam hal ini berfungsi sebagai penyeimbang. Tindakan dari pergerakan untuk memperoleh keseimbangan dibutuhkan energi untuk mendapatkannya.
Kita tahu bahwa energi manusia mempunyai keterbatasan, sedangkan hubungan antara energi dan teknik jika dipadukan akan memperoleh teknik memanjat yang baik. Dengan kata lain pemanjat yang baik adalah pemanjat yang dapat membagi pengeluaran energi secara lengkap melalui titik pada tubuh, dan pada kedua tangan sebagai pegangan dan kedua kaki sebagai pijakan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar